Mengadaptasi SCAMPER dalam Mengelola Konsultan PR di Era Digital


SCAMPER adalah metode berpikir kreatif yang digunakan untuk menciptakan inovasi dan solusi baru dalam bisnis. Singkatan:

  • Substitute (Mengganti)
  • Combine (Menggabungkan)
  • Adapt (Menyesuaikan)
  • Modify (Memodifikasi)
  • Put to another use (Memanfaatkan untuk kegunaan lain)
  • Eliminate (Menghilangkan)
  • Reverse (Membalik)

Metode ini membantu individu dan kelompok menemukan ide-ide baru melalui serangkaian pemikiran bertanya, dan mendorong pemikiran kreatif dan produktif.

Uraian Jasa 

  Konsultan Public Relations (PR) adalah profesional yang membantu perusahaan dan individu membangun, memelihara, dan meningkatkan citra dan hubungan masyarakat mereka. 

Ciri-ciri Konsultan PR:

  • Keterampilan Komunikasi: Mampu merancang strategi komunikasi yang efektif untuk menjangkau publik. 
  • Analisis Posisi: Melakukan analisis mendalam terhadap produk, pasar, dan masalah terkait.
  • Analisis Risiko: Dilatih untuk mengelola informasi selama krisis untuk meminimalkan dampak buruk.
  • Jaringan luas: hubungan dengan media dan pemangku kepentingan untuk mendukung inisiatif komunikasi.
  • Objektivitas : Memberikan perspektif eksternal yang tidak dipengaruhi oleh dinamika internal perusahaan.

Manfaat konsultan PR:

  1. Membangun citra positif: Membantu menciptakan kesan positif di mata masyarakat.
  2. Jaga hubungan media: Gabungkan hubungan media yang baik untuk mendapatkan liputan yang baik.
  3. Manajemen krisis: merancang strategi untuk mengatasi kejutan dan menjaga reputasi perusahaan.
  4. Meningkatkan kredibilitas: Meningkatkan kepercayaan masyarakat melalui komunikasi yang jelas dan adil.
  5. Meningkatkan jangkauan pasar: Meningkatkan visibilitas merek melalui kampanye iklan yang efektif.
  6. Manajemen masalah sosial dan lingkungan: Membantu perusahaan dengan tanggung jawab sosial dan praktik berkelanjutan.

Fungsi utama konsultan public relation (PR) dalam sebuah perusahaan

  1. Membangun citra perusahaan: Konsultan PR membantu menciptakan citra positif perusahaan di mata publik.
  2. Strategi Komunikasi: Untuk meningkatkan efektivitas pengiriman pesan kepada audiens target, mereka merencanakan strategi komunikasi.
  3. Mengatasi masalah: Konsultan PR juga bertanggung jawab untuk mengelola masalah yang menimbulkan masalah bagi perusahaan dan memberikan solusi untuk meningkatkan citra dan reputasi.

Keterampilan yang diperlukan:

  1. Interpersonal Skill: Kemampuan bersosialisasi dan membangun hubungan baik dengan orang-orang di sekitar Anda.
  2. Organizational Skill: Merencanakan dan melaksanakan dengan benar.
  3. Problem-Solving Skill: Memecahkan masalah yang muncul selama komunikasi.
  4. Writing Skill: Menyampaikan pesan melalui buletin, menulis salinan di media sosial, dll.

Proses scamper 
  1. Substitute: Mengganti komponen menjadi yang lebih menarik dan terbaru. Misalnya menggunakan influencer yang sedang digemari oleh masyarakat.
  2. Combine: Menggabungkan beberapa platform untuk menyebarluaskan informasi yang akan diterima oleh masyarakat luas.
  3. Adapt: Menyesuaikan antara hal yang sedang ramai dibicarakan atau trending dengan informasi yang akan disebarluaskan. 
  4. Modify: Mengubah dari bentuk artikel menjadi audio visual agar masyarakat lebih tertarik. 
  5. Put to another use: Memanfaatkan informasi yang sudah dibuat dan disesuaikan dengan platform yang akan dituju.
  6. Eliminate: Hilangkan beberapa komponen yang dianggap tidak perlu dalam strategi yang sudah dibuat.
  7. Reverse: Melakukan uji pendekatan baru dengan membalik komponen yang ada.
Jasa Baru Konsultan PR Setelah Di Scamper
  1. Konsultan PR dapat membuat perusahaan dan organisasi semakin kuat reputasinya melalui strategi komunikasi yang kreatif serta inovatif dengan media tradisional maupun digital. 
  2. Menggabungkan konsultan PR dengan pengelolaan krisis digital, pemasaran konten, dan analisis data untuk memastikan informasi dapat diterima dengan baik di semua platform. 
  3. Mengadaptasi layanan untuk mencakup semua pengelolaan reputasi di semua platform yang tersedia. 
  4. Memodifikasi serta mendekatkan media tradisional menjadi media digital yang lebih mampu untuk diterima oleh masyarakat luas. 
  5. Jasa konsultan PR juga dapat digunakan untuk membangun komunitas online serta melibatkan penggunaan platform digital sehingga meningkatkan loyalitas melalui platform digital. 
  6. Menghilangkan ketergantungan pada media besar dan mulai fokus pada media-media yang melibatkan audiens secara langsung. 
  7. Mendorong pendekatan dua arah dengan memfasilitasi percakapan antara perusahaan atau organisasi dengan audiens sehingga terciptanya hubungan yang lebih responsif.
Kesimpulan
Dengan menerapkan SCAMPER kedalam jasa Konsultan PR, saya menemukan banyak perubahan dalam sebuah organisasi atau perusahaan pada bagian Konsultan PR. Konsultan PR dapat menjadi lebih kreatif dan inovatif.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Wisata Indonesia🌍🏞

Puncak Arus Balik Lebaran 2025: Lebih dari 25 ribu Penumpang Diprediksi Menggunakan Layanan PELNI

DreamWed